Bantuan Subsidi Upah Kemnaker 2021

Bantuan pemerintah kini hadir lagi untuk Pekerja / Buruh berupa Subsidi Upah (BSU ), hal ini dikeluarkan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan ekonomi pekerja atau buruh dalam penanganan dampak pandemi. Bantuan ini akan diberikan kepada Pekerja atau buruh sebesar Rp. 500.000 /- selama dua bulan, yang akan diberikan sekaligus sebesar Rp. 1.000.0000,-.

Syarat Penerima BSU ( Bantuan Subsidi Upah ) 

  • Warga negara Indonesia yang bisa dibuktikan dengan kepemilikan NIK.
  • Aktif dalam program jaminan sosial ketenagakerjaan sampai juni 2021
  • Memiliki upah paling banyak sebesar Rp. 3,5 Juta rupiah
  • Bekerja di wilayah PPKM level 3 dan level 4 yang telah ditetapkan pemerintah.
  • Yang di utamakan adalah pekerja di bidang sektor konsumsi, transportasi, industri, properti dan real estate, pedagang dan jasa kecuali Pndidikan dan Kesehatan ( Sesuai Klarifikasi data sektoral BPJSTK)

Langkah Untuk Mengecek Penerima BSU 2021

  1. Masuk ke website kemnaker.go.id
  2. Daftar akun , jika belum memiliki akun silahkan daftar akun DISINI
  3. Aktivasi akun dengan Kode OTP yang dikirimkan ke Handphone kalian
  4. Masuk “Login” kedalam akun kalian
  5. Lengkapi profil data diri kalian yaitu foto, tentang anda, status pernikahan dan lokasi.
  6. Cek pemberitahuan nantinya akan mendapat notifikasi pemberitahuan kalian diterima atau tidak mendapatkan BSU kemnaker.

Data calon penerima Bantuan Subsidi Upah / gaji ( BSU ) berasal dari BPJS ketenagakerjaan. Untuk kalian yang ingin informasi langsung tentang kriteria , mekanisme dan tata cara BSU 2021 dapat dilihat pada artikel “Permenaker Nomor 16 Tahun 2021

Bank Penyalur BSU ( Bantuan Subsidi Upah )

Untuk penyaluran dana BSU melalui Bank Himbara ( BRI, BNI,Mandiri , BTN) Atau Bank Syariah Indonesia ( Khusus Aceh ) maka Dana Subsidi akan langsung cair ke Rekening kalian. Namun jangan khawatir jika kalian belum memiliki rekening kalian nantinya akan dibuatkan rekening kolektif oleh kemnaker yang bekerja sama dengan bank terkait.

Untuk mengecek apakah nama kalian masuk dalam Bantuan Subsidi Upah Kemnaker perioder Oktober – Desember 2021 silahkan cek melalui website kemnaker.go.id atau melalui tombol di bawah ini :

Daftar Bantuan Subdisi Upah