Cara ternak ayam jawa super
Cara ternak ayam jawa super

Cara ternak ayam jawa super

Cara ternak ayam jawa super

Liputanberitaku.com — Ayam super atau dikatakan sebagai Ayam Jawa Super (Joper) akhir-akhir ini alami keinginan yang lumayan tinggi. Banyak kelebihan dari ayam daerah super jadi daya magnet, kenapa beberapa orang yang coba beternak ayam tipe ini.

Dari segi harga doc ayam joper relatif konstan. Seperti kita kenali Ayam Daerah Super memiliki perkembangan yang lumayan cepat hingga memiliki nilai ekonomis tinggi.

Ayam joper bisa dipanen pada usia 55-60 hari, bisa lebih cepat dibandingkan ayam daerah biasa. Ayam super atau dikatakan sebagai ayam joper memiliki ketahanan badan yang kuat pada penyakit.

Ayam tipe ini memiliki watak daging yang sedap serta lebih padat dibandingkan ayam broiler. Dengan beberapa keunggulan itu jadikan daya jual ayam joper lumayan tinggi. Harga ayam daerah seekor umur dewasa umumnya Rp 35.000 ke atas.

Cara ternak ayam jawa super

Untuk warga yang cermat dapat menyaksikan kesempatan yang lumayan luas di bagian perawatan. Bahkan juga untuk orang yang belum pernah memiaranya ada rasa ingin tahu, dan ingin ketahui cara beternak ayam daerah super.

Sebetulnya memiara ayam super tidak memiliki tingkat kesukaran yang tinggi. Jika kita ingin ketahui dapat menanyakan ke peternak yang eksper atau membaca buku berkenaan beternak ayam daerah super. Juga penting untuk di dalami mengenai analisis ternak joper lebih dulu sesaat akan beternak.

Beternak ayam tipe ini yang penting jadi perhatian ialah pengadaan kandang, tipe pakan dan minum, dan perawatan ayam yang kecil.

Untuk kandang ayam joper sendiri dapat dibikin dengan mode pentas atau postal. Bila ingin tingkatkan keproduktifan daging, cara perawatannya dengan cara intens. Tujuannya intens di sini, yakni semua kegiatan ayam dari anakan sampai panen ada dalam kandang.

Pakan ayam joper, air minum dan vitamin diberi peternak secara terencana. Untuk memelihara stamina ayam super supaya masih tetap sehat, perlu pemberian suplemen/ multivitamin dan vaksinasi untuk jaga supaya ayam daerah super tidak gampang terkena penyakit.

Apa cara yang perlu dilaksanakan untuk pemula untuk mengawali beternak Ayam Daerah Super?
Sama seperti yang sudah dijelaskan di atas, untuk pemula bisa mengawali dengan cari pengetahuan langsung pada sumbernya yakni peternak. Selain itu untuk membuat bertambah pengetahuan, tidak ada kelirunya jika membaca buku cara beternak ayam daerah atau cari rekomendasi di internet.

Jika memungkinkannya, dapat magang atau bekerja lebih dulu pada peternak professional untuk ketahui sangkut-paut budidaya ayam daerah super lebih detil.

Sesudah ketahui beberapa dasar beternak Ayam Daerah Super (JOPER), sekarang waktunya kita sediakan kandang yang hendak dipakai untuk memiara ayam.

Perlu kita kenali, jika peranan kandang ayam joper ialah rumah, tempat untuk mengasuh, memperbesar, berkembang biak dan istirahat . Maka upayakan kandang pada keadaan bersih, kering dan mendapatkan cahaya matahari cukup.

Untuk kandang DOC (usia satu hari – empat minggu) ditempatkan dalam boks yang memiliki penghangat ruang. Peranan dari penghangat ruang untuk menghangatkan ayam daerah super dan menghindari ayam mati karena kedinginan.

Dan untuk kandang ayam pada usia 4-6 bulan (babak grower) kandangnya berupa postal dengan di alasi litter. Litter terbagi dalam sekam, serbuk gergaji dan kapur. Untuk ketinggian liter lebih kurang 10 cm.

Bagaimana cara pilih bibit anak Ayam Daerah Super unggul?

Cara ternak ayam jawa super yang pertama ialah memilih bibit  yang unggul. Sesudah kandang kita siapkan, karena itu tahapan setelah itu pilih bibit ayam yang hendak kita untuk jadikan ayam pedaging. DOC yang berkualitas ciri-cirinya memiliki badan tegap, tidak cacat, matanya jernih, bulu-bulunya lembut dan berkilau.

 

Cara ternak ayam jawa super
Cara ternak ayam jawa super

 

Berat sekitaran 33-50 gr/ ekor. Untuk DOC jantan umumnya memiliki badan semakin besar dibanding DOC betina. Dalam formasi DOC atau bibit ayam daerah super (JOPER) ini memanglah tidak dapat di tetapkan dengan cara tepat. Tetapi secara perkiraan jumlah ayam jantan dan ayam betina, perbandingannya sekitaran 50:50.

 

Bagaimana cara pemberian pakan dan minum yang bagus?

Cara ternak ayam jawa super selanjutnya ialah memperhatikan pemberian pakan dan minum. Sesudah DOC sampai di kandang, berikan peluang istirahat sekitaran 30 menit. Kemudian dapat diberi minuman dari satu sendok gula jawa yang digabung dengan 200 mililiter air (segelas).

Untuk umur anakan atau DOC, pakan yang bisa dipakai berbentuk voer atau BR murni yang belum digabung bahan pakan apa saja. Masuk umur empat minggu baru bisa diberi bahan pakan tambahan misalkan dedak atau bekatul dengan jumlah yang tidak demikian banyak.

Hal itu dapat hasilkan cara ternak ayam daerah super cepat besar. Untuk suplemen dapat diberi vitachick yang sistem pemberian nya dengan cara digabungkan dalam minumannya.

Cara ternak ayam jawa super
Cara ternak ayam jawa super

Apa yang di butuhkan dalam penangkalan pada penyakit yang serang ayam daerah super?

Secara umum penyakit disebabkan karena keadaan kandang yang kurang terbangun kebersihannya. Juga bisa disebabkan menyebarnya pandemi penyakit pada sebuah tempat dan menyebar sampai ke peternakan lainnya.

Karena itu perlu mengantisipasi berbentuk pemberian vaksinasi yang diberi secara periodik. Disamping itu peternak harus juga teratur bersihkan kandang dan perlengkapan yang lain seperti tempat pakan dan minum.

Poin penting dilakukan yaitu kecermatan memperhatikan keadaan ayam, bila ada ayam yang sakit harus selekasnya di karantina supaya tidak menyebar ke ayam lainnya.

Bagaimana dengan pengatasan periode panen ayam jawa super?

Ayam jawa super bisa dipanen pada usia 55- 60 hari. Saat ayam masuk usia 8 minggu telah memiliki bobot 0,9 – 1 kg per ekor, bahkan juga ada peternak yang saat panen berat ayam joper nya dapat sampai 1,2 kg.

Berat ayam super bisa capai jumlah yang optimal karena perawatan yang intens. Tetapi, bila perawatan dengan cara tradisionil karena itu beratnya tidak capai berat optimal. Karena itu jika kita ingin lakukan pembesaran, budidaya yang pas dengan cara intens.

Di bagian panen yang perlu dilakukan oleh calon peternak yaitu dengan memperhatikan dahulu disekitaran tempat ternak. Adakah yang dapat terima hasil panen kita atau mungkin tidak. Umumnya beberapa pengepul akan bertandang ke langsung lokasi kandang kita dan mengangsung pada tempat. Dan perlu di ingat saat sebelum periode panen, peternak perlu pesan DOC atau bibit ayam joper nya lebih dulu karena janganlah sampai kandang kosong karena bibit ayam tidak dapat masuk.

Nach sesudah membaca rincian di atas, karena itu kita bisa menarik ringkasan bila beternak ayam daerah super tidak sesusah yang dipikirkan. Dengan pelajari pengetahuan yang terkait dengan beternak ayam daerah super, karena itu kita bisa mengawali cara menjalankan bisnis ayam joper.

Bahkan juga ternak ayam rumahan juga dapat dilaksanakan dengan manfaatkan tempat kosong disekitaran lingkungan rumah. Untuk mempermudah peternak dalam tentukan modal usaha karena itu analisis usaha ayam joper dimulai dari 100 ekor sampai analisis usaha ayam joper 1000 ekor bisa dilaksanakan untuk ketahui keseluruhan ongkos yang dikeluarkan.